5 MOTOR BEKAS YANG PALING DIBURU 2018



Canlitelefonsohbet.org - Sepeda motor masih tetap jadi kendaraan yang paling disukai untuk kota-kota kecil serta menengah, umpamanya Yogyakarta. Tidak mesti baru, motor sisa atau sisa juga tingkat keterjualannya masih tetap tinggi. Mojok Institute lakukan penelitian kecil mengenai 5 motor sisa yang paling diburu. Nomor 5 benar-benar buat terkaget! Halah…


Untuk kepentingan penelitian ini, Mojok Institute menjumpai dua narasumber yang berprofesi jadi pedagang cilok. Ya kagaklah, ndes! Sudah pasti mereka berprofesi jadi PMB, atawa, Pedagang Motor Sisa.

Narasumber pertama bernama Ayah Heri Suwarso (62), berada tinggal di daerah Semaki, Kota Yogyakarta. Ayah memiliki rambut putih ini telah, lebih kurang, 20 th. menekuni usaha motor sisa. Disamping itu, narasumber ke-2 yaitu Ayah Bayu (53), juga telah satu tahun lebih ini melakukan bisnis motor sisa di bilangan Godean, Sleman.

Nah, agar tidak penasaran sekali lagi, tersebut lima kuda besi sisa yang masih tetap kondyang :

5. Genus Supra X 

Tempat nomor lima dihuni oleh genus Honda Supra, dengan family Supra X serta Supra X 125. Motor gigi manual ini penjualannya tidak demikian tinggi karna umumnya customer mengambil keputusan prasyarat yang khusus, yakni masalah perform mesin. Bila mesin tidak ces pleng, umumnya customer juga akan berfikir 2 x untuk membawa pulang motor ini.

Jadi catatan, prasyarat ini berlaku untuk motor-motor Honda lawas. Umpamanya, Honda Astrea Grand, Honda Revo, sampai Legenda. Oleh karenanya, keinginan juga akan Honda dengan transmisi gigi manual tidak demikian tinggi bila dbandingkan dengan kelas matik.

Ayah Heri sendiri memberi satu catatan beda yang penting juga. Catatan yang disebut yaitu, mungkin, Honda Supra ini penjualannya juga akan naik di wilayah-wilayah spesifik. Umpamanya di lokasi dengan kontur pegunungan yang menuntut penduduknya mempunyai motor bertenaga paten seperti di Wonosari atau Kulon Progo bagian pegunungan.

Gigi manual lebih aman saat dipakai di lokasi dengan adanya banyak turunan curam. Istilahnya, gigi itu dipakai untuk nggantol rem saat di jalan turunan. Motor matik dapat beresiko bila remnya dipaksa bekerja sangat berat di medan yang berat. Jadi, bila pembaca yaitu cah nggunung, dianjurkan belilah motor dengan transmisi gigi manual.

Ya bila tetep ingin beli matik juga pasti tidak ada problem. Tapi saya anjurkan banyak-banyaklah beribadah serta berdoa sebelumnya melibas pegunungan. Itu.

Harga Honda Supra sendiri berada di sekitaran 6 sampai 7 juta. Ingat, keadaan mesinnya mesti ciamik.

4. Kawasaki dengan spesifiksi motor sport serta trail 

Seri motor Kawasaki ini mesti khusus, yakni motor sport serta trail. Yang disebut yaitu seri Ninja, KLX, serta D-Tracker. Kenapa untuk Kawasaki memanglah khusus? Untuk masalah ini, Ayah Heri serta Ayah Bayu seperti setuju kalau harga jual sisa Kawasaki bebek memanglah jeblok, dari mulai Kaze, sampai Blitz. Ora cucuk.

Disamping itu, pihak Kawasaki sendiri, pada intinya, memanglah kurangi jumlah produksi motor bebek serta fokes ke motor sport. Jadi, bersamaan kebijakan itu, Kawasaki seri bebek juga mulai “menghilang” dari palagan motor sisa.

Untuk Ninja sendiri, yang tertinggi yaitu seri th. 2005 ke atas, umpamanya Ninja seri R. Harga jual sisa dengan keadaan mesin masih tetap bagus, berada di atas 18 juta. Bahkan juga, untuk Ninja R edisi khusus dengan mesin masih tetap paten, dapat menyentuh nyaris 25 juta.

3. Yamaha Mio 

Yamaha Mio yaitu satu diantara motor metik dengan harga jual kembali yang tidaklah terlalu mengasyikkan. Bila masih tetap baru di bandrol 15 juta, harga sekennya dapat jatuh dibawah 10 juta. Terlebih, saat mesin motor imut ini tidak sekali lagi memberikan keyakinan. Banyak diketemukan masalah dimana nada mesin Mio ini sangat bising serta tidak greeeng sekali lagi. Pasti tidak semuanya. Ini untuk mereka yang tidak tekun menjaga motornya.

Untuk Mio sendiri, yang disukai yaitu keluaran th. 2013 sampai 2015. Untuk th. 2013, harga sisa berada di sekitaran 6 juta. Disamping itu, untuk th. 2015, tidak lebih dari 9 juta. Itupun dengan prasyarat mutlak : mesin mesti masih tetap bagus. Bila keadaannya memprihatinkan seperti isi dompetmu, ya mungkin saja cuma 7 juta itu telah bagus.

Pernah terdapat banyak Mio sisa th. 2010 yang mengedar di market. Harga nya? Paling mentok 5 juta saja. Ha sama harga hape Samsung yang baru dibeli Agus Mulyadi juga kalah. Wis, ora nggetih.

2. Honda Beat 

Honda Beat yang paling banyak diburu yaitu keluaran th. 2011 ke atas. Harga jual sisa masih tetap bagus serta tidak sangat anjlok bila dibanding dengan yang masih tetap baru. Umpamanya, Beat 2011 dengan type velg jari-jari (spoke wheel), di bandrol 11, 7 juta. Disamping itu, Beat 2011 dengan type velg racing (cast wheel) Harga Motor Matic Honda Terbaru 12, 5 juta.

Bagaiaman dengan harga sisa motor kemayu dengan jok kecil ini? Kembali, bila mesin masih tetap tokcer, harga sisa masih tetap menyentuh 10 juta. Dapat ditawar sampai toleransi 9, 5 juta.

Mengapa Beat dapat demikian laris walau miliki penampang jok yang nyancut serta punya potensi membikin pantat gringgingen bila digunakan perjalanan jauh (rekor saya gunakan Beat, jalan dari Jogja ke Solo)?

1. Honda Vario 

Mengapa Vario jadi motor sisa paling diburu? Lebih kurang, argumennya sama dengan kenapa Honda Beat jadi paling baik ke-2. Vario sendiri yang paling laris yaitu keluaran th. 2013 ke atas. Harga Vario sisa masih tetap diatas 10 juta, bahkan juga dapat menyentuh 12 juta. Disamping itu, harga untuk Vario baru seri 2014 di bandrol sekitaran 16 juta.

Lalu, kenapa Honda dapat merajai penjualan motor sisa? Ayah Heri mengungkap sebagian argumen :

Pertama, alur fikir lawas kalau keluaran Honda yaitu motor yang paling paten. Orang jaman dahulu bahkan juga tetaplah mengatakan “habis beli Honda”, walau sebenarnya dia beli Yamaha Mio. Ke-2, mesin memanglah bagus dana wet dibanding pabrikan beda. Ke-3, onderdil relatif gampang didapat serta murah (asal tahu dimana membelinya.. hehe).

Postingan terkait: